Anjing Shih Tzu


Sejarah
Anjing ras Shih Tzu, berasal dari Asia khususnya Tibet dan China. Dulu anjing jenis ini banyak dipelihara bangsawan dan raja-ratu jaman itu, namun sekarang penyebarannya telah mendunia mulai dari Asia, Australia, Amerika, Eropa, bahkan Afrika sekalipun. Anjing ras ini juga dikenal dengan sebutan shih tzu si anjing singa (lion dog) karena penampilannya yang berambut lebat dan panjang seperti singa. Shih Tzu merupakan hasil kawin silang antara beberapa trah pendahulu, diantaranya Pekingese, Lhasa Apso, Chow-chow dan beberapa jenis lain. Sehingga setelah berpuluh-puluh tahun generasi yang mengalami persilangan tersebut akhirnya lahir sebagai trah shih tzu yang murni dan kemudian diakui Kennel Klub secara internasional sejak tahun 1936.
Pada dasarnya Shih Tzu merupakan jenis anjing rumahan yang menemani dan menghibur sang majikan. Shih Tzu bukan jenis anjing pemburu, penarik, pekerja, atau petarung. Kami hadir untuk dicintai, dielus, dan dimanja-manja. Kadang anjing trah ini juga sedikit menggonggong pada seseorang asing, tapi mereka juga akan ramah dengan orang – orang setelah tahu bahwa mereka tidak menyakiti. Meski Shih Tzu anjing rumahan, tapi bukan berarti mereka bahagia tinggal seharian di apartemen lantai 34 atau dilepas di pekarangan mengejar ayam dan itik setiap saat. Beberapa orang membahagiakan mereka dengan menyediakan boks tidur atau tumpukan koran yang membuat mereka nyaman, sesekali juga membiarkan mereka bermain diluar sementara.


Perawatan
tentu saja Shih Tzu sangat membutuhkannya. Tidak baik membiarkan mereka lepas di pelataran seharian, dan juga tidak baik membiarkan anak2 mempermainkam mereka setiap saat. Meskipun Shih Tzu mencintai anak - anak, namun mereka membutuhkan perawatan dari majikannya. Periode mandi satu minggu sekali akan sangat baik dan dibutuhkan untuk mejaga rambut dan kulit tetap bersih dan segar. Sebelum mandi, Shih Tzu harus disisir baik-baik, dengan teliti jangan biarkan ada rambut kusut atau terjalin-jalin tertinggal. Mandikan Shih Tzu dengan shampo dan kondisioner yang baik, jangan menggunakan sikat atau menggosok-gosok rambut seperti mencuci baju. Mandikan Shih Tzu dengan elusan-elusan satu arah agar rambutnya tidak kusut. Kemudian mereka membutuhkan pengering rambut (blow-dry), tapi jangan biarkan angin terlalu panas atau dingin. Jika majikan tidak mau membiarkan rambut Shih Tzu terlalu panjang menjuntai, mereka dapat memotong pendek dengan gunting atau clipper. Atau mereka membawanya pada salon/groomer agar mereka membentuk potongan dengan model yang lebih menarik, salah satunya puppy-cuts.

Karakteristik
Shih Tzu akan sangat gembira ketika majikannya mengajak jalan-jalan pagi, atau berpergian dengan kendaraan jika hari tidak terlampau panas. Shih Tzu merupakan anjing yang cukup cerdas, mereka menyukai sesuatu yang baru, serta Shih Tzu akan dengan mudah mempelajarinya.
Selayaknya anjing trah lain-nya, Shih Tzu tidak rewel soal makanan. Akan menjadi awal yang sangat baik jika memberikan makanan anjing khusus (dog food) kering ditambah air minum segar pada botol yang selalu digantung setiap saat.
Shih Tzu sedikit arogan namun penuh cinta kasih dan pandai
Standarisasi:
Secara keseluruhan, tubuh Shih Tzu dipenuhi rambut panjang menjuntai sampai lantai yang mana menunjukan keaslian kami sebagai trah murni.

Ukuran tubuh
idealnya berkisar antara 23-27 cm disesuaikan dengan tipe masing-masing.


Tipe
• Shih Tzu tipe Australia memiliki badan sedikit lebih panjang dan kaki agak pendek, rambutnya kadang sedikit berombak, tipe Australia memiliki tulang - tulang yang kasar dan besar sangat ideal untuk menyokong tubuhnya yang rata-rata besar.
• Shih Tzu tipe Amerika, badannya lebih pendek (terkadang tampak bujur sangkar dari samping), ukurannya lebih kecil dengan tulang-tulang yang tidak terlampau kasar, tipe rambutnya cenderung lurus dan halus.
• Shih Tzu Tipe Eropa sedikit menyerupai Australia, namun struktur dan ukuran tulangnya lebih besar dan padat. Mereka cenderung agak tinggi dengan dada bidang yang sangat anggun.


Warna
Mengenai rambut dan warna, pada shih tzu tidak dikenai aturan corak warna. Semua warna diterima, mulai dari solid gold, solid black, solid red, gold-white, red-white, grey-white, black-white ataupun particolor sekalipun tidak akan disalahkan. Namun, Shih Tzu harus memiliki pigmen warna yang benar, pada hidung dan lingkar mata diwajibkan hitam (tidak kecoklat-coklatan apalagi merah/pink) Rambut Shih Tzu seharusnya panjang lurus menjuntai sampai lantai, kadang sedikit bergelombang namun tidak keriting. Letak ekor sesuai dengan badan, jatuh tepat di tengah punggung, tinggi namun tidak melingkar. Rambut dikepala seharusnya diikat (topknot) ditambah dengan pita akan lebih menarik. Ujung - ujung rambut yang sudah terlalu panjang di sekitar kaki sabaiknya digunting rapi agar tidak mengganggu.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to " "

Posting Komentar