Anjing Maltese



Anjing Maltese, seperti dijelaskan oleh seorang Filosofi Yunani, Theophrastus merupakan salah satu dari trah “Melita”, sebuah nama yang sebelumnya digunakan untuk Malta (nama daerah di Mediterania) . Anjing ini dikembangkan di Itali dengan campuran darah Miniature-spaniel dan poodle. Anjing kecil yang bersemangat ini diperkirakan pertama dibawa ke Inggris oleh crusaders (prajurit yang ikut dalam berperang dalam perang salib) dari Mediterania. Jenis ini menjadi terkenal, khususnya di kalangan wanita, yang biasa menggendong mereka dan bahkan tidur bersama mereka. Tapi, bukan hanya dengan wanita, Publius, Gubernur Roma di Malta, menghadiahkan sebuah lukisan dan bahkan menulis puisi tentang anjingnya, Issa. Sekarang ini, Maltese menjadi hewan peliharaan yang diidam-idamkan dan anjing pameran yang sangat terkenal.
Maltese adalah anjing kecil yang cocok untuk dijadikan sahabat. Bulunya yang putih berkilau menjuntai ke bawah. Trah ini tidak memiliki undercoat, dan bulunya tidak boleh bergelombang atau keriting. Bulunya harus berkilau dan panjang kira-kira sepanjang 8.5 inci (22cm). Kupingnya menutup kebawah dan ekornya tertutupi dengan bulu sampai ke belakang. Moncongnya agak sedikit meruncing dan harus sepertiga dari panjang kepala. Hidungnya harus hitam dan nostrilnya terbuka dengan sempurna dan stopnya harus jelas terlihat. Tubuhnya harus sedikit lebih panjang daripada tinggi badannya dengan tulang belakang yang seimbang. Trah ini memiliki tulang yang seimbang dan stabil. Saat berjalan, Maltese yang proposional akan tampak seperti awan putih (bulunya) yang mengambang diatas tanah.

Kesehatan
Trah ini mudah terbakar matahari dibagian belahan rambut. Masalah kulit, pernafasan, mata dan gigi. Trah ini juga mungkin agak susah makan karena pencernaannya yang lemah. Mereka bisa demam dan merasa tidak nyaman dalam cuaca yang panas. Maltese sebaiknya dijauhkan dari area yang lembab. Ada baiknya, anda mengajari mereka untuk buang air di atas kertas (paper-train), untuk menghindari pergi ke luar rumah pada saat cuaca buruk.
Anjing jenis ini sangat cocok bagi Anda yang tinggal di apartement atau rumah yang tidak terlalu besar. Mereka sangat aktif dalam ruangan dan tidak bermasalah jika Anda tidak mempunyai pekarangan. Mereka juga menyukai jalan-jalan secara rutin atau hanya sekedar bermain-main di taman dan mereka tetap suka bermain meskipun di usia tua. Anda tidak perlu mengajak mereka sering-sering berolahraga karena mereka tidak terlalu membutuhkannya.


Perawatan
Menyisir dan menyikat harus dilakukan setiap hari, tapi lakukan secara lembut karena bulu mereka sangat halus. Bersihkan mata mereka setiap hari untuk mencegah noda dan bersihkan juga jenggot mereka setelah makan untuk alasan yang sama. Mandikan atau gunakan shampoo kering secara teratur dan sesudahnya pastikan mereka sudah benar-benar kering. Bersihkan kuping mereka dan cabut rambut yang tumbuh didalam kuping mereka. Mata harus diperiksa secara teratur dan bersihkan jika dirasa perlu. Rambut bagian atas biasanya diikat keatas, agar tidak mengganggu penglihatan mereka. Beberapa pemilik maltese biasanya memilih untuk menggunting pendek rambut anjing ini agar lebih mudah dan tidak memakan banyak waktu saat grooming. Bulu Maltese jarang rontok dan sangat cocok bagi anda,penderita alergi yang ingin memelihara anjing.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to " "

Posting Komentar